Desak Pemprov Gelar Operasi Pasar Tepat Sasaran Jelang Ramadan

INDRAPURA.ID – Operasi pasar yang digelar Pemprov Jawa Timur harus tepat sasaran, agar masyarakat miskin benar-benar menikmati kebutuhan pokok dengan harga terjangkau menjelang Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri.

Hal itu dikatakan oleh anggota komisi B DPRD Jawa Timur Agusdono Wibwanto pada Senin (7/3/2022). “Operasi pasar perlu tapi tidak hanya temporer. Kalau benar ingin masyarakat menikmati, harus dijalankan dan kantong-kantong yang dilakukan operasi pasar harus benar-benar masyarakat miskin,” katanya.

Politisi Partai Demokrat itu mengingatkan, bahwa mendekati bulan Ramadan, banyak bahan pokok yang harganya akan merangkak naik. Kondisi itu disebabkan karena meningkatnya permintaan, sedangkan produksi di petani tidak naik secara signifikan.

Disamping itu, pandemi Covid 19 juga menurunkan produksi pertanian, karena dipengaruhi banyak factor. Sehingga, hasil pertanian di Jatim seperti padi dan kedelai tidak bisa meningkat tajam.

“Jadi gini kami sejak awal sudah mengimbau pemprov dan kabupaten/kota. Mendekati ramadhan harga akan tetap naik. Pandemi sudah dua tahun. Banyak peternak dan petani modalnya tergerus karena produksi tidak terserap,” katanya.

Selain menggelar operasi pasar, Pemprov Jatim harus melakukan terobosan kebijakan. Agar produksi pertanian di Jatim meningkat tajam. Sehingga, barang kebutuhan pokok yang permintaannya meningkat bisa dipenuhi oleh petani.

“Program yang berhubungan dengan masyarakat menengah kebawah segera digelontorkan agar masyarakat bisa berproduksi. Dengan produksi besar-besaran maka harga di bulan ramadhan bisa stabil. Mumpung masih ada waktu maka masyarakat harus tetap berproduksi besar-besaran,” jelas anggota DPRD Jatim dari Dapil Malang Raya itu.

Seperti diketahui, harga beberapa komoditas seperti kedelai dan minyak goreng melambung tinggi di Jatim. Kondisi itu membuat masyarakat mengalami kesulitan. Diantaranya UMKM yang memproduksi tahu dan tempe, yang harus kesulitan berpoduksi karena tidak adanya bahan baku.


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.