Reses Heri Setiawan, Bersama-sama Geliatkan Desa Sempu Kediri

INDRAPURA.ID – Permasalahan klasik desa-desa hampir di seluruh Jatim adalah sumber daya manusia (SDM) yang kurang kompeten dalam mengelola desanya. Sehingga, potensi sumber daya alam tidak bisa di kelola oleh desa tapi di kuasai oleh pihak-pihak di luar desa tersebut.

Namun, hal itu tidak berlaku di Desa Sempu, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri. Pasalnya, hampir semua warga masyarakat di desa tersebut terkerek perekonomiannya lantaran banyak destinasi wisata yang ada.

Mulai Wisata Kampung Indian, Wisata Kampung Anggrek, Wisata Bukit Goa Naga dan Sempu Exotic Park mampu menjadikan Desa Sempu yang maju dengan basis pariwisata dan pengembangan pertanian serta potensi lokal desa.

Hal itu terbukti saat reses II tahun 2022 yang dilakukan anggota DPRD Jatim, Heri Setiawan di Balai Dusun Sumberpetung, Desa Sempu, Kabupaten Kediri, Senin (30/5/2022). Warga mengaku terbantu dengan hadirnya Anggota DPRD Jatim Dapil VIII. Perekonomian terus menggeliat berkat tangan dingin Anggota dari Fraksi PDI Perjuangan ini.

“Teruslah berjuangan demi membangun desa ini agar semakin mandiri,” celetuk salah satu warga yang menghadiri dalam reses.

Heri Setiawan mengatakan pembangunan desa lewat destinasi wisata menjadi skala prioritas. “Ayo kita sama-sama memperjuangkan agar Desa Sempu semakin dikenal, warga masyarakat sekitar juga pasti bahagia,” katanya.

Heri yang dikenal sebagai politisi muda PDI Perjuangan ini aktif melakukan pendampingan pada berbagai macam kelompok masyarakat, mulai dari kelompok tani, kelompok seni, komunitas pecinta sound system, hingga membina anak-anak muda desa menjadi konten kreator. “Pengembangan SDM di desa-desa harus kita sentuh secara langsung,” ujarnya.

Apalagi, Pembina Petani Muda Milenial Kediri ini menuturkan, dirinya tengah melakukan sinergi dengan program Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana atau yang akrab disapa Mas Bup. Terutama tentang inovasi pertanian organik.

“Mas Bupati Kediri mempunyai program desa inovasi tani orgnik. Sudah merupakan kewajiban saya untuk bisa mensupport dan mendukung program Mas Dito yang ada di Kediri, terutama desa inovasi tani organik ini,” pungkasnya.


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.