Bus Trans Jatim Mulai Beroperasi, Komisi D Berharap Bisa Urai Kemacetan

INDRAPURA.ID – Masyarakat Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo bakal bisa menikmati bus Trans Jatim yang mulai beroperasi, Kamis, 19 Agustus 2022. Bus ini tak jauh beda dengan bus Trans Jateng dan DKI Jakarta.

Anggota Komisi D DPRD Jatim, Masduki mengaku bus Trans Jatim merupakan inisiasi komisinya. Sebelumnya, Komisi D mendorong Dishub Jatim agar melakukan upaya untuk mengurangi kemacetan dan kecelakaan.

“Salah satu yang kita dorong adalah adanya bus Trans Jatim. Ini sebagai langkah untuk mengurangi kemacetan dan kecelakaan,” ujarnya, Rabu (17/8/2022).

Menurutnya, hal yang sangat wajar jika Jatim mempunyai bus Trans Jatim. Mengingat Provinsi DKI Jakarta, Jawa Tengah sudah mempunyai bus tersebut

Politisi asal PKB itu menyebut untuk sementara bus Trans Jatim melewati tiga daerah, yakni Gresik, Surabaya dan Sidoarjo. Koridor 1 akan diresmikan di Terminal Porong Sidoarjo oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa.

“Kenapa sementara kita fokuskan di Porong dan Gresik, karena wilayah ini sekali jalan dan di tiga daerah ini ada terminal milik provinsi. Bunder, dan terminal Larangan milik Provinsi Jatim,” jelasnya.

Masduki membeberkan armada yang dimiliki oleh Pemprov Jatim sebanyak 22 unit. Dimana 20 unit diberoperasi tiap hari, dan 2 sebagai cadangan. Bus Trans Jatim tersebut menyedot dana dari APBD Jatim sebesar Rp27 miliar.

“Kita dorong agar benar-benar bisa diakses oleh masyarakat luas. Agar bisa diminati oleh masyarakat, karena tarifnya bisa terjangkau. Khusus pelajar kita gratiskan agar giat belajar,” tuturnya.

Masduki mengaku kemungkinan pertama kali ada kendala terkait karakter masyarakat. Namun nantinya bisa berjalan dengan baik untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

Untuk diketahui, Koridor I Bus Trans Jatim akan melayani tiga kota yang dimulai dari Terminal Porong Sidoarjo melewati Jalan Raya Porong lama, Jalan Raya Tanggulangin, Candi, Jalan Diponegoro, Jalan Pahlawan kemudian masuk jalan tol. Begitu juga arah baliknya melewati jalan yang sama.

Selanjutnya bus menuju ke Surabaya untuk transit di Terminal Purabaya, bus kembali melanjutkan ke Gresik dengan melewati jalan tol. Bus akan mengambil penumpang di 14 halte. Delapan halte milik Pemkab Sidoarjo dan 6 halte milik Pemprov Jatim.

Jarak tempuh dari Terminal Porong ke Terminal Purabaya dilanjutkan ke Gresik sekitar 72 kilometer memakan waktu antara 2,5 sampai 3 jam.

Untuk penumpang khusus pelajar dan santri tarifnya Rp 2.500. Sementara penumpang umum ditarik Rp 5 ribu. Untuk sementara gratis selama Seminggu pasca peluncuran.


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.